Saturday, November 19, 2016

Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 adalah suatu kondisi yang ingin dan diharapkan telah diwujudkan pada hal yang lebih positif sebagai peringatan 1 abad atau 100 tahun dari peristiwa Indonesia Merdeka pada tahun 1945. Pada saat itu diharapkan bahwa nantinya seluruh infrastruktur yang ada di berbagai daerah di Indonesia dapat menjadi lebih baik dan maju dari saat sekarang. Selain itu juga pada masa itu diharapkan kalau nantinya bangsa Indonesia sudah menjadi negara yang maju , bukan lagi negara yang perkembangannya masih menjadi negara berkembang.

Terlepas dari berbagai harapan dan pandangan yang ingin diwujudkan pada 100 tahun merdekanya bangsa Indonesia pada tahun 2045,  diperlukan peran aktif dari warga Indonesianya itu sendiri. Peran dari Generasi Emas juga sangat diperlukan dikarenakan melalui para generasi penerus bangsa inilah masa depan dari perkembangan Indonesia ditentukan. Apa yang menyebabkan sanag Generasi Emas ini mejadi motor dari perkembangan dari bangsa Indonesia ? Generasi Emas ini nantinya berperan menjadi seorang individu atau kelompok yang memiliki sifat aktif, solutif, dan kritis serta berani dalam ikut berperan aktif ikut membangun Indonesia, bukan lagi menjadi suatu kelompok yang pasif atau apatis terrhadap bangsanya sendiri. Bagaimana caranya mewujudkan Generasi yang bisa dibilang “Emas” ini sebelum menciptakan yang namanya “Indonensia Emas 2045” ? Sebenarnya ada 3 cara yang menjadi pokok dalam menciptakan suatu Generasi Emas untuk Indonesia Emas nanti, yaitu : Pendidikan, IPTEK, dan Pancasila itu sendiri.

Mengapa Pendidikan harus ada dalam menciptakan Generasi Emas ? Bila suatu individu tidak mendapatkan pendidikan, apa yang akan terjadi ? Pastinya seorang individu tersebut tidak akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup luas. Tanpa adanya pengetahuan, maka seseorang dapat dikatakan masih belum dapat membantu perkembangan bangsanya sendiri secara maksimal. Maka dari itu diperlukan pendidikan dalam memabngun Generasi Emas untuk masa depan yang lebih baik. Pendidikan seharusnya dilakukan mulai dari saat individu tersebut masih kecil hingga dewasa, dengan hal ini maka akan tercipta generasi yang intelektual.

Selain Pendidikan, juga terdapat IPTEK yang diperlukan oleh generasi muda yang ada sekarang. Dengan mendapatkan pengetahuan mengenai IPTEK yang ada, maka individu dapat merencanakan dan merancangkan suatu inovasi baru yang dapat membantu Indonesia dalam permasalahan infrastruktur yang masih kurang dan menciptakan produk IPTEK baru yang juga dapat membantu dalam perkonomian bangsa agar bangsa ini dapat menjadi bangsa yang maju. Dengan adanya IPTEK ini juga dapat membuat Indonesia memiliki cukup kekuataqn untuk bersaing dalam kancah internasional dalam pemasaran produk yang dimilki dan mengatasnamkan bangsa Indonesia itu sendiri dan juga akhirnya tidak perlu mengimport dan menggunakan produk luar negeri.

Terakhir terdapat Pancasila yang dapat menciptakan generasi muda menjadi Generasi Emas. Pancasila memiliki fungsi dalam menjaga sikap, moral, dan etika pada seluruh warga Indonesia, khususnya generasi muda yang ada pada saat sekarang dan nanti. Dengan adanya Pancasila, nliai-nliai luhur dan budi pekerti yang dimiliki bangsa Indonesia dapat dipertahankan dan digunakan untuk mengubah struktur dan kultur yang menyebabkan degradasi atau pengikisan karakter pada generasi muda bangsa Indonesia akibat dari adanya pengaruh dari Era Globalisasi. Pancasila juga memiliki peran dalam menyeleksi budaya mana saja yang dapat diikuti oleh bangsa Indonesia dan mana yang tidak cocok untuk diikuti oleh kaum muda Indonesia.


Dengan adanya 3 macam hal pokok diatas, maka generasi muda Indonesia saat ini bisa menjadi Generasi Emas yang Indonesia punya di masa depan nantinya. Jika Indoensia sudah memiliki Generasi Emas yang sudah mumpuni dan segala 3 hal pokok diatas sudah dimaksimalkan dan ditingkatkan, maka kita dapat memanfaatkan peran dan fungsi mereka dalam ikut membantu dan berperan aktif membangun bangsa Indonesia. Dalam hal ini para Generasi Emas ini dapat membantu dalam mengajar murid-murid pada tempat yang terpencil dan terpelosok, ikut membantu dalam memberikan ide dan inovasi untuk menciptakan produk dalam negeri, dan ikut membantu dalam perbaikan infrastruktur suatu daerah yang terpencil yang belum memiliki akses yang layak, serta dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila dan nilai luhur dalam kehidupannya sehari-hari maupun terhadap orang lain disekitarnya. Maka dari hal inilah nantinya Indonesia dapat menjadi Indonesia Emas yang dimulai dari hal-hal yang kecil.

No comments:

Post a Comment